jika anda ingin mengetahui sesuatu yang baru bagi anda kama mulailah dari sekarang.

Senin, 09 Maret 2009

Pengantar
Manajemen Pengetahuan(Knowledge Management)

Pertemuan 1

Tujuan Pembelajaran
Menggunakan kerangka kerja konsep manajemen pengetahuan
Mengetahui konsep menajemen pengetahuan
Memahami sejarah manajemen pengetahuan
Mengetahui peran dan tanggung jawab aplikasi manajemen pengetahuan
Pengetahuan
Pengetahuan dipandang sebagai sebuah komoditi atau sebuah aset intelektual
Karakteristik pengetahuan:
Penggunaan pengetahuan tidak akan menghabiskannya
Perpindahan pengetahuan tidak akan menghilangkannya
Pengetahuan itu berlimpah, tetapi kemampuan terbatas untuk menggunakannya
Banyak pengetahuan berharga hilang begitu saja
Perubahan Jaman
Era Industri  Era Pengetahuan
Sedikit orang mengerjakan lebih banyak
Di Era Pengetahuan, organisasi harus dapat belajar, mengingat, dan bertindak berdasarkan informasi, pengetahuan, know-how yang tersedia
Memiliki dasar pengetahuan (knowledge base)  lessons learned dan best practice yang berharga
Hakikat KM
Manajemen Pengetahuan atau Knowledge Management (KM) dimaksudkan untuk mewakili pendekatan terencana dan sistematis untuk menjamin penggunaan penuh dasar pengetahuan organisasi, ditambah keahlian, kompetensi, pemikiran, inovasi, dan ide individual potensial untuk menciptakan organisasi yang lebih efisien dan efektif
Definisi Awal
Proses penerapan pendekatan sistematik untuk menangkap, menyusun, mengelola, dan menyebarkan pengetahuan di seluruh organisasi untuk mempercepat kerja, menggunakan best practice, dan mengurangi biaya pengerjaan ulang dari proyek ke proyek
ICM
Intellectual Capital Management (ICM) terfokus pada pengetahuan yang telah terfilter dan memiliki nilai bisnis bagi organisasi  aset/kekayaan intelektual:
Know-how
Know-why
Pengalaman
Kepakaran
Yang hanya dimiliki oleh sejumlah kecil karyawan saja
Tujuan KM
Tujuan dasarnya adalah untuk memanfaatkan pengetahuan untuk keunggulan organisasi
Tujuan lainnya adalah:
Fasilitasi masa transisi orang lama dengan orang baru
Minimalisasi hilangnya “pengetahuan” karena keluarnya karyawan
Mengetahui sumber daya dan area pengetahuan kritis yang dimiliki
Mengembangkan metode untuk mencegah hilangnya kekayaan intelektual perusahaan
Apa itu KM ?
KM merupakan bidang ilmu multidisiplin yang mencakup banyak hal
Dari perspektif proses/teknologi:
KM adalah sebuah konsep dimana informasi diubah menjadi pengetahuan dan tersedia dalam bentuk yang dapat digunakan bagi orang yang membutuhkan
KM System adalah penyimpanan virtual terhadap informasi relevan yang kritis untuk tugas-tugas harian pada organisasi
KM adalah pendekatan sistematis untuk mengelola penggunaan informasi untuk meyediakan aliran pengetahuan yang memungkinkan pengambilan keputusan yang efisien dan efektif
Multidisiplin KM
Ilmu keorganisasian
Ilmu kognitif
Linguistik
Teknologi informasi  knowledge-based system, database technology, information management
Ilmu kepustakaan
Teknik penulisan dan jurnalisme
Antropologi dan sosiologi
Pendidikan dan pelatihan
Ilmu komunikasi
Teknologi kolaborasi  intranet, ekstranet, portal, web technologies
Dari Data Menjadi Pengetahuan
Data  hal yang langsung dapat diamati dan diverifikasi

Informasi  hal yang dapat mewakili data yang telah dianalisis

Pengetahuan  hal yang didasarkan atas pengalaman, persepsi, dan pendapat individual
Jenis dan Bentuk Pengetahuan
Tacit knowledge
Pengetahuan yang sulit diartikulasikan, dituliskan dalam kata-kata, teks, maupun gambar
Berada di dalam benak orang yang mengetahui
Explicit knowledge
Pengetahuan yang telah ditangkap dan dinyatakan dalam kata-kata, teks, maupun gambar
Telah ada dalam bentuk konkrit/nyata

 Semakin tacit sebuah pengetahuan, maka semakin berharga pengetahuan tersebut
Teknik Analisis Konsep
Analisis konsep adalah teknik yang digunakan pada ilmu sosial untuk menghasilkan formula yang nantinya akan digunakan untuk menghasilkan definisi dan penjelasan mengenai istilah yang sangat kompleks
Dimensi Analisis Konsep
Daftar atribut kunci dalam bentuk pernyataan definisi, visi, misi
Daftar ilustrasi contoh
Daftar ilustrasi non-contoh
Sejarah KM
KM sudah lama dimplementasikan jauh sebelum istilah KM diperkenalkan
1969 ARPANET sebagai cikal bakal jaringan internet
Fase-fase perkembangan meliputi:
1800  industrialisasi
1850  transportasi
1900  komunikasi
1950  komputerisasi
1980  visualisasi
2000  personalisasi
Kekayaan Intelektual
Dapat dijumpai baik di level operasional, taktis, dan strategis organisasi
Meliputi hal-hal:
Kompetensi  keahlian dibutuhkan untuk mencapai kinerja tinggi
Kapabilitas  keahlian strategis dibutuhkan untuk mengintegrasi dan menerapkan kompetensi
Teknologi  perangkat dan metode dibutuhkan untuk menghasilkan hasil fisik tertentu
Perspektif Organisasi
Perspektif Bisnis  fokus pada mengapa, dimana, dan sejauh mana organisasi harus investasi atau eksploitasi pengetahuan
Perspektif Manajemen  fokus pada manajemen praktek dan aktifitas yang berkaitan dengan pengetahuan untuk mencapai tujuan dan strategi bisnis
Perspektif Praktis  fokus pada penerapan keahlian untuk melakukan kerja dan tugas yang berkaitan dengan explicit knowledge
Mengapa KM Penting ?
Globalisasi bisnis
Organisasi pembelajar
“corporate amnesia”
Kemajuan teknologi
KM untuk Individual
Membantu orang mengerjakan tugas
Membangun ikatan komunitas dengan organisasi
Membantu orang tetap up-to-date
Menyediakan tantangan dan kesempatan untuk berkontribusi
KM untuk Komunitas
Mengembangkan keahlian profesional
Mendorong mentoring
Memfasilitasi networking dan kolaborasi yang efektif
Mengembangkan kode etik profesional
Mengembangkan “bahasa” yang sama
KM untuk Organisasi
Membantu mendorong strategi
Menyelesaikan masalah lebih cepat
Menerapkan best practice
Meningkatkan pengetahuan dalam produk dan layanan
Membangun “memori” organisasi.

Tidak ada komentar: