jika anda ingin mengetahui sesuatu yang baru bagi anda kama mulailah dari sekarang.

Senin, 09 Maret 2009


DASAR-DASAR MANAJEMEN

Oleh: LAMBERTUS AHEN

SILABUS
Pengertian tentang perkembangan fungsi-fungsi manajemen, metode dan teknik manajemen sain, strategi manajemen, manajemen bisnis, manajemen pemasaran hasil produksi pertanian, perkembangan secara organisasi serta analisis praktik manajemen pertanian di Indonesia dan di negara maju.



DAFTAR ISI
PENDAHULUAN
SEJARAH PERKEMBANGAN TEORI MANAJEMEN
TUGAS MANAJER
PROSES, FUNGSI DAN PERANAN MANAJER
PERENCANAAN
PENGORGANISASIAN
PENATAAN STAF
KEPEMIMPINAN
PENGENDALIAN
BAB I. PENDAHULUAN
Setelah mempelajari BAB I diharapkan mahasiswa mampu:
Menjelaskan beberapa pengertian manajemen menurut para ahli
Menyimpulkan arti manajemen yang dikemukakan para ahli
Mengapa Manajemen Dibutuhkan
Lingkungan bisnis berubah cepat. Perkembangan teknologi informasi memungkinkan kita berorganisasi yang cenderung berbeda dengan masa lampau.
Adanya globalisasi memaksa mengubah bentuk organisasi menjadi fleksibel, ramping, dan tanggap terhadap perubahan lingkungan.
Persaingan bisnis yang semakin tajam mengharuskan kita mempunyai konsep organisasi belajar.
Manejemen menentukan keefektifan dan efisiensi kegiatan-kegiatan organisasi. Menurut Peter Drucker, efisiensi ditekankan pada melakukan pekerjaan dengan benar (doing things right) sedangkan efektif adalah melakukan pekerjaan yang benar (doing the right things).

Pengertian Manajemen
(beberapa pendapat)
Ensiclopedia of The Social Sciences
Manajemen diartikan sebagai proses pelaksanaan suatu tujuan tertentu yang diselenggarakan dan diawasi.

Mary Parker Follet
Manajemen adalah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.


Thomas H. Nelson
Manajemen perusahaan adalah ilmu dan seni memadukan ide-ide, fasilitas, proses, bahan dan orang-orang untuk menghasilkan barang atau jasa yang bermanfaat dan menjualnya dengan menguntungkan.

G. R. Terry
Manajemen diartikan sebagai proses yang khas yang terdiri atas asas perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan dan usaha mencapai sasaran-sasaran dengan memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.

James A. F. Stoner
a. Manajemen diartikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan usaha-usaha anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
b. Manajemen adalah ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengawasan sumber daya manusia dan alam, terutama sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Henry M. Boettingger
Manajemen suatu seni. Seni membutuhkan tiga unsur, yaitu:
(1) pandangan seniman, (2) pengetahuan dan (3) teknis dan komunikasi yang berhasil. Manajemen memerlukan ketiga unsur tersebut.

Luther Gulick
Manajemen sebagai bidang pengetahuan, yang mencari secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana orang-orang bekerja bersama untuk mencapai tujuan dan menjadikan kerjasama itu berguna untuk kemanusiaan.
T. H. Nelson dan Prof. Oey Liang Lie
Manajemen sebagai ilmu dan seni
Sebagai ilmu, karena manajemen merupakan merupakan suatu kumpulan pengetahuan yang sistematis dan telah diterima sebagai kebenaran-kebenaran yang universal. Manajemen memiliki asas-asas seperti ilmu-ilmu lain, yang disebut “asas-asas manajemen” atau “principles of management”.
Sebagai seni, karena keberhasilan manajer dalam usahanya mencapai tujuan dengan bantuan bawahan, selain itu diperlukan pemahaman dan pengalaman ilmu manajemen, kemampuan manajer memengaruhi bawahan dengan wibawa, karisma atau seni memimpin orang.
Dari definisi tersebut dapat ditarik beberapa pokok pikiran penting sebagai berikut:
  1. Proses
  2. Perencanaan
  3. Pengorganisasian
  4. Memimpin
  5. Pengawasan
  6. Menggunakan Semua Sumber Daya Organisasi
  7. Upaya Mencapai Tujuan

Proses
Adalah suatu cara yang sistematis untuk melakukan sesuatu. Manajemen didefinisikan sebagai suatu proses karena semua manajer, apapun keahliannya dan keterampilannya, terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang saling berkaitan dalam upaya mencapai tujuan organisasi.
Perencanaan
Menunjukkan bahwa para manajer memikirkan tujuann dan kegiatannya sebelum melaksanakannya. Kegiatan mereka biasanya berdasar pada suatu cara, rencana atau logika, bukan asal tebak saja.
Pengorganisasian
Para manajer mengkoordinir sumber daya manusia dan sumber daya lain yang dimiliki organisasi.
Memimpin
Menunjukkan bagaimana para manajer mengarahkan dan mempengaruhi bawahannya, menggunakan orang lain untuk melaksanakan suatu tugas tertentu.
Pengawasan
Para manajer berusaha untuk meyakinkan bahwa organisasi bergerak dalam arah atau jalur tujuan yang benar.
Menggunakan Semua Sumber Daya Organisasi
Menunjukkan bahwa para manajer mnggunakan semua sumber daya untuk mencapai tujuannya.
Upaya mencapai tujuan
Ini berarti bahwa manajer setiap organisasi berusaha untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan setiap organisasi berbeda-beda, tetapi apapun tujuan yang ditetapkan suatu organisasi, manajemen adalah proses untuk mencapai tujuan tersebut.

Tidak ada komentar: